Relasi Media Mandalika Sebagai Destinasi Superprioritas Dalam Pemberitaan Kesiapan Pelaksanaan Event MotoGP 2021

Siti Chotijah

Abstract


Mandalika sebagai destinasi pariwisata superprioritas menjadi salah satu fokus utama pariwisata nasional. Terlebih dengan adanya even MotoGP yang direncanakan akan digelar pada oktober 2021 menjadikan Mandalika sebagai salah satu primadona utama pariwisata Indonesia. Perencanaan yang awalnya berjalan baik terhambat dengan adanya pandemi covid-19 sehingga menimbulkan pesimisme publik terkait dengan even akbar yang akan berlangsung oktober mendatang. Banyak pemberitaan yang menyudutkan Mandalika terkait kesiapan perhelatan MotoGP. Melihat permasalahan ini perlu dilakukan komunikasi strategis guna mengkomunikasikan kesiapan sekaligus meyakinkan publik tentang kesiapan pemerintah dalam hal ini ITDC dan juga pihak terkait untuk pelaksanaan even MotoGP Mandalika di 2021. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yang menjelaskan tentang relasi media Mandalika sebagai destinasi superprioritas dalam menyambut even MotoGP 2021. Dari hasil pembahasan, Mandalika sebagai destinasi superprioritas menjalankan berbagai program komunikasi dengan memanfaatkan berabgai macam media melalui exposure dan melakukan pendekatan melalui framing dan agenda setting pada distribusi informasi. Selain hal tersebut ITDC dan juga berbagai pihak melakukan lobby sekaligus negosiasi dan terus mengkomunikasikan pesan positif kepada masyarakat secara strategis dan terencana dengan tujuan menciptakan optimisme tentang perhelatan MotoGP Mandalika. 

 

Kata Kunci : Relasi Media, Mandalika, Destinasi Superprioritas, Moto GP2021

Keywords


Relasi Media, Mandalika, Destinasi Superprioritas, Moto GP2021

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Abidin, Y.Z. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Arifin Anwar (1994). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung Armico

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta Prenadamedia Group

Effendy, O,U(2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Griffin E ( 2010). Communication Theory. New Yok Mc Graw Hill.

Jefkins, Frank ( 2000). Publik Relation. Jakarta: Erlangga

Kotler, P and Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New York: Prentice Hall.

Moeleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Rhenald Kasali. (2000) . Managemen Public Relation. Jakarta: Erlangga

Artikel dari website dengan nama penulis

Biro Komunikasi Kemenkomarves. ( 2020, January 29). Sambut MotoGP 2021 Pemerintah Dukung Penyelesaian Sirkuit Mandalika. Akses dari https://maritim.go.id/sambut-motogp-2021-pemerintah-dukung-penyelesaian-sirkuit-mandalika/

Jurnal online

Hermalia, (2018 ) Strategi Komunikasi Pemasaran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mandalika sebagai destinasi pariwisata prioritas pasca gempa Lombok2018. Journal of Communication and Media Science, 158- 167

Mahrik, A. (2016). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Sinjai. [Skripsi S1, Unpublished]. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Hasanuddin. Sulawesi

Laporan wawancara

Rahmadi, Taufan . (2020, 18 Octobers). Personal Interview.

Faozal , Muhammad. ( 2020, 10 November ). Personal Interview

Zakaria, Zakaria. ( 2020 20 November). Personal Interview

Surat Kabar Online

Prasatya Randy ( 2020-. November 05). ITDC Ke Kemenpora Tenang Saja Mandalika SIap Gelar MotoGP 2021. Detik.com diakses dari https://sport.detik.com/moto-gp/d-4773454/itdc-ke-menpora-tenang-saja-mandalika-siap-gelar-motogp-2021

Rusy, Putra ( 2020 Oktober 30). Tinjau Sirkuit Mandalika Dorna Puas. Detik.com diakses dari https://sport.detik.com/moto-gp/d-4764944/tinjau-pembangunan-sirkuit-mandalika-dorna-puas

Priyantono Dony ( 2020, November 08). Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP Meski Tanpa Penonton. Diakses dari Kompas.com https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/08/191138215/sirkuit-mandalika-siap-gelar-motogp-meski-tanpa-penonton

Wirati Lanjar ( 2020 Agustus 6). Siap Gelar MotoGP Sirkuit Mandalika Selesai Pertengahan 2021. Diakses dari https://www.indosport.com/otomotif/20200806/siap-gelar-motogp-sirkuit-mandalika-selesai-pertengahan-2021

Liputan 6 ( 2019 Maret , 13). Presiden Jokowi Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika. Diakses dari https://www.liputan6.com/bola/read/3915676/presiden-jokowi-indonesia-siap-gelar-motogp-2021-di-sirkuit-mandalika

Priyantono Dony ( 2020, November 8). Status GP Mandalika Bukan Cadangan ini Maksudnya Reserve Date. Diakses dari https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/08/080100615/status-gp-mandalika-bukan-cadangan-ini-maksudnya-reserve-date




DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Journal of Media and Communication Science

e-ISSN : 2620-8709

p-ISSN : 2655-4410


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JCommsci accredited by :

JCommsci Indexed by :