Proses Pengambilan Keputusan dalam Situs Belanja Online “Shopee” sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen

Astri Wulandari, Christine Pingkan Sampouw

Abstract


Saat ini konsumen dihadapkan dengan banyak pilihan cara untuk memenuhi keinginan dan
kebutuhannya. Situs belanja online seolah-olah menjadi satu cara cepat untuk dapat memenuhi
hasrat belanja konsumen. Shopee memiliki beragam kategori produk yang ditawarkan kepada
konsumen. Kerjasama antara Shopee dengan endorsement juga tampak sebagai upaya untuk
menjaga eksistensi tren di bidang yang semakin luas. Pada penelitian ini juga tampak bahwa
terdapat keragaman latar belakang yang menaungi masing-masing kepribadian konsumen untuk
menggunakan market place ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode
wawancara mendalam. Subjek penelitian terdiri dari enam informan dengan latar belakang perilaku
konsumen yang berbeda-beda. Analisis dilakukan dengan membagi dua jenis data yakni data primer
dari wawancara langsung, dan data sekunder dari artikel yang relevan. Proses pengambilan
keputusan pembelian para konsumen dalam membeli produk dalam situs belanja Shopee dilakukan
dengan beragam cara berdasarkan latar belakang dan keinginan dari dalam diri masing-masing. Oleh
karena pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen menjadi berbeda-beda seiring
berubahnya pola belanja saat ini. Kebutuhan tersier dengan cepat berubah seolah-olah menjadi
sangat primer mengalahkan kebutuhan primer yang sesungguhnya.
Kata kunci: Perilaku Konsumen, Proses pengambilan keputusan, E-Commerce, Shopee


Keywords


Consumer Behavior, Decision making process, E-Commerce, Shopee

Full Text:

PDF

References


Buku

Ahmadi, Chandra dan Hermawan, Dadang. (2013). E-Business & E-. Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikas Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Moleong, Lexy. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nuryani. (2001). E-commerce, dalam Berita Pajak No. 1438/Tahun XXXIII/1Maret 2001, hlm.30.

Peter, J. Paul dan Olson. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 4 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Purbo, Onno W. (2000). Mengenal E-Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ries, E. (2011). THE LEAN STARTUP. New York: Crown Publishing Group.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Suyanto, M. (2003). E-commerce Perusahaan Top Dunia. Andi. Yogyakarta.

Turban, Efraim, Lee, King, dan Chung. (2002). Electronic Commerce 2002: A Managerial Perspective. Pearson Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Artikel dari website dengan nama penulis

Fahera, Jihan. (2019). Faktor internal & eksternal ini memengaruhi keputusan belanja online. Brilio.

https://www.brilio.net/creator/faktor-internal-eksternal-ini-memengaruhi-keputusan-belanja-online-3656d6.html

Handayani, Maulida Sri. (2016). Biaya Bergaya Kelas Menengah Indonesia. Tirto. https://tirto.id/biaya-bergaya-kelas-menengah-indonesia-bUai

Julistian, Ucha. (2019). Dinilai Lebih Bernuansa Perempuan, Shopee Coba Gaet Pasar Pria. Gatra. https://www.gatra.com/detail/news/437435/technology/dinilai-lebih-bernuansa-perempuan-shopee-coba-gaet-pasar-pria

Khalika, Nindias Nur. (2018). Shopee & Instagram Tempat Belanja Online Favorit Ibu Milenial. Tirto.

https://tirto.id/shopee-instagram-tempat-belanja-online-favorit-ibu-milenial-cY4h

Menkominfo. (2015). Menkominfo: Pemerintah Dorong Pertumbuhan e-Commerce Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6020/Menkoinfo%3A+Pemerintah+Dorong+Pertumbuhan+e-Commerce+Indonesia/0/berita_satker

Molla, A & Heeks R. (2007). Exploring e-commerce benefits for businesses in a developing country, dalam Jurnal Information Society, vol. 23, no. 2, hal. 95-108.

https://researchbank.rmit.edu.au/view/rmit:332

Tarigan, Mitra. (2018). Seberapa Banyak Media Sosial Pengaruhi Anda untuk Belanja?. Tempo. https://gaya.tempo.co/read/1139782/seberapa-banyak-media-sosial-pengaruhi-anda-untuk-belanja/full&view=ok

Widyastuti, Rr. Ariyani Yakti. (2018). KPI Larang 11 Stasiun Televisi Tayangkan Iklan Shopee Blackpink. Tempo.

https://bisnis.tempo.co/read/1154561/kpi-larang-11-stasiun-televisi-tayangkan-iklan-shopee-blackpink

Zhafira, Arnidhya Nur. (2019). Geser One Direction, BLACKPINK jadi grup dengan subscriber terbanyak. Antara News.

Artikel dari website tanpa nama penulis

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa




DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Journal of Media and Communication Science

e-ISSN : 2620-8709

p-ISSN : 2655-4410


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JCommsci accredited by :

JCommsci Indexed by :