Strategi Komunikasi Krisis Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam Menghadapi Virus Korona

Putu Lingga Wacika

Abstract


ABSTRAK

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling menjadi andalan Provinsi Bali. Penyebaran pandemi Virus Korona memberikan dampak bagi banyak sektor, salah satunya Pariwisata Bali. Dinas Pariwisata Provinsi Bali sebagi lembaga pemerintah yang menaungi pariwisata tentunya melakukan strategi komunikasi untuk pemulihan Pariwisata Bali. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi krisis Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam menghadapi penyebaran Virus Korona yang berdampak penurunan aktivitas pariwisata di Bali, serta mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi komunikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, serta pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, pengumpulan dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Parwisata Provinsi Bali melakukan strategi komunikasi untuk melaksanakan aktivitas kepariwisataan pada masa new normal dengan cara memberikan informasi situasi dan kondisi Pariwisata Bali berdasarkan fase yang telah ditentukan. Dinas Pariwisata Provinsi Bali menjalin kemitraan dengan seluruh lini sektor pariwisata untuk menyampaikan pesan melalui sertifikasi online protokol kesehatan dan pembentukan tim komunikasi. Website Love Bali, media sosial, endorser, dan konferensi pers dijadikan sebagai media untuk menginformasikan pesan kepada audiens dengan cara yang interaktif.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Krisis, Virus Korona, Pariwisata


Keywords


Communication Strategic

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Buku Statistik Wisman 2019. (2020, January 31). Diakses dari: https://disparda.baliprov.go.id/ buku-statistik-wisman-2019

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication) Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenanda Media Group.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kriyantono, R. (2015). Public Relations, Issue and Crisis Management Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi kritis dan Kualitatif. Jakarta: Prenanda Media Group .

Priyatno, Ardi. (2020, March 12). WHO Umumkan Virus Corona Sebagai Pandemi Global. Kompas.com. Diakses dari https://www.kompas.com/

STR / AFP. (2020, January 31). 10 Hal yang Harus Diketahui Soal Virus Corona. CNN Indonesia. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/

Tatang. (2016). Dinamika komunikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Astawa, P. (2020, August 28). Personal Interview




DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Journal of Media and Communication Science

e-ISSN : 2620-8709

p-ISSN : 2655-4410


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JCommsci accredited by :

JCommsci Indexed by :