Webqual 4.0 untuk Meningkatkan Keterlibatan Pengusaha UMKM di Indonesia (Studi pada www.berrybenka.com sebagai Platform E-Commerce Produk lokal UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
DOI:
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.104Abstract
Saat ini pola perilaku berbelanja masyarakat telah bergeser dari offline menuju online. Trend belanja online memicu kemunculan bisnis baru yang disebut dengan e-commerce. Di Indonesia mulai banayak e-commerce bermunculan, hal tersebut menyebabkan persaingan antar e-commerce semakin ketat. Oleh karena itu perlu adanya strategi komunikasi pemasaran untuk memenangkan persaingan antar e-commerce salah satunya ialah dengan menerapkan Webqual. Melalui penelitian ini, peneliti akan menemukan efektifitas Webqual terhadap keterlibatan konsumen. Secara akademis, penelitian ini dapat mengembangkan kajian ilmu komunikasi khususnya topik perubahan perilaku kognitif konsumen e-commerce di Indonesia dan menjadi dasar pengambilan keputusan bagi pembuat strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kepuasan konsumen khususnya pada konsumen digital. Penelitian ini menggunakan skala diferensial semantik yang mengukur perasaan subjektif seseorang dengan menggunakan berbagai kata sifat karena orang biasanya mengomunikasikan evaluasi melalui kata sifat. Berdasarkan hal tersebut maka variable bebas dalam penelitian ini adalah dimensi Webqual 4.0 yang terdiri dari usability, information quality, dan service interaction quality. Berikutnya variable terikat dalam penelitian ini adalah keterlibatan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier sederhana. Hasil penelitian ini ditemukan hubungan yang signifikan antara Webqual dengan keterlibatan konsumen yaitu UMKM di IndonesiaDownloads
Published
2021-06-06
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under Creative Commos Attribution - Non Commercial 4.0
International Licensed