Analisis Komunikasi Interaktif Brando Franco dengan Penontonnya dalam Live Streaming di Kanal YouTube Windah Basudara

Authors

  • Jokhanan Kristiyono Stikosa-AWS
  • Nafis Dwi Hermawan Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v6i2.206

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis interaksi antara YouTuber dan penonton yang melakukan live-streaming di kanal YouTube Windah Basudara. Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami implikasi dari interaksi tersebut terhadap interaksi antara YouTuber dan penonton. Sebagai metodologi penelitian, digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada bidang ilmu komunikasi dengan meningkatkan efektivitas komunikasi live-streaming YouTuber dengan penonton di kanal YouTube Windah Basudara. Sedangkan manfaat praktisnya adalah memberikan sarana agar terjalin komunikasi yang baik sehingga dapat meningkatkan interaksi antara YouTuber dan penonton. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan, diketahui bahwa tiga jenis komunikasi yang digunakan pada kanal YouTube Windah Basudara adalah komunikasi satu arah, dua arah, dan banyak arah. Interaksi antara YouTuber dan penonton sangat berarti, terutama karena mereka antusias dalam memberikan kritik dan berpartisipasi dalam diskusi secara terbuka. Selain itu, drama pada tahap terakhir siaran langsung membantu meningkatkan interaksi antara YouTuber dan pemirsa. Hasilnya, penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi antara YouTuber dan penonton siaran langsung di kanal YouTube Windah Basudara menggunakan berbagai metode komunikasi yang berbeda satu sama lain dan antusiasme partisipan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap interaksi yang dimaksud. Oleh karena itu, YouTuber dapat meningkatkan interaksi dengan pemirsa melalui penggunaan teknik komunikasi yang efektif dan penuh perhatian, yang akan meningkatkan popularitas, jangkauan, dan tingkat keterlibatan pemirsa.

Downloads

Published

2023-05-31