Respon Khalayak pada Penerapan Artificial Intelligence dalam Industri Komunikasi: Studi Kasus Presenter Buatan oleh tvOne
DOI:
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v7i1.258Abstract
Menginjak era web 3.0 dan web semantik, teknologi semakin berkembang pesat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu dari bentuk teknologi yang muncul beberapa tahun terakhir ini adalah artificial intelligence. Penggunaan artificial intelligence di Indonesia sendiri sudah banyak dimulai pada berbagai sektor, salah satunya adalah sektor jurnalistik dan komunikasi media. tvOne, media televisi di Indonesia menjadi salah satu yang pertama kali mengimplementasikan artificial intelligence pada industri jurnalistik dengan merilis presenter buatan. Penelitian ini membahas respon khalayak terhadap penerapan artificial intelligence dalam industri komunikasi pada studi kasus presenter buatan oleh tvOne dengan menggunakan objek penelitian yakni 3 Tweet yang paling relevan dilihat dari isi, interaksi, penyebarluasan informasi orisinil yang berasal dari Twitter ke bentuk media lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat respon yang bervariasi di kalangan masyarakat, mulai tidak terlalu serius menanggapi penerapan teknologi ini, merespon AI sebagai ancaman pada tenaga kerja, serta munculnya kritik karena kurangnya kompetensi dan kualitas sumber daya manusianya serta dalam rangka penghematan anggaran.Downloads
Published
2024-01-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 JCommsci - Journal Of Media and Communication Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under Creative Commos Attribution - Non Commercial 4.0
International Licensed