AUDIT AUDIT KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL PANDAWARA GROUP DALAM MELAKUKAN KAMPANYE PEDULI LINGKUNGAN

Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan

Authors

  • Ahmad Rahman Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v7i1.260

Abstract

Tantangan yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia, terutama di daerah perkotaan, adalah peningkatan frekuensi banjir selama musim hujan. Hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat urbanisasi, sumber daya yang terbatas, dan kurangnya kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat, yang seringkali membuang sampah sembarangan. Penanggulangan masalah banjir kita tidak dapat mengandalkan tindakan pemerintah semata, melainkan memerlukan kerja sama dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mengelola sampah dengan bijak. Adapaun tujuan dari audit komunikasi media sosial ini adalah untuk mengevaluasi dan mengukur efektivitas kampanye yang dilakukan dalam sasaran dan dampak positif terhadap lingkungan. Metode pengumpulan data menggunakan metode analisis isi dan observasi. Unit analisis yang digunakan meliputi organisasi, manajemen informasi, isi informasi, proses komunikasi, dan feedback. Hasil dari audit ini adalah postingan melalui akun media sosial TikTok dan Instagram Pandawara Group sejak pertama akun dibuat sampai tanggal 28 Oktober 2023 terdapat 169 postingan di TikTok dan 205 postingan di Instagram, dan dalam postingan tersebut menampilkan 8 kategori postingan. Kampanye yang dilakukan ini mendapat perhatian oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh para pengguna media sosial terutama TikTok, karena mendapatkan begitu banyak perhatian sehingga Pandawara Group mampu menggerakan orang sampai 10 ribu lebih dalam kegiatan clean up dan mendapatkan berbagai penghargaan.

Downloads

Published

2024-01-31