Merebut Hati Pemilih di Masa Pandemi Covid-19: Strategi Kampanye Pilkada 2020 di Pulau Lombok

Authors

  • Muhlis Muhlis Universitas Mataram
  • Hartin Nur Khusnia Universitas Mataram
  • Yulanda Trisula Sidarta Yohanes Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v7i2.271

Abstract

Tiga Kabupaten/Kota di Pulau Lombok menggelar Pilkada 2020 di tengah penyebaran virus Covid-19. Keluar sebagai pemenang di Kabupaten Lombok Utara adalah H. Djohan Sjamsu, SH - Danny Karter Febrianto R, M.Eng, di Kabupaten Lombok Tengah adalah H. Lalu Fathul Bahri, S.IP - Dr. H. M. Nursiah, M.Si, serta di Kota Mataram oleh H. Mohan Roliskana, S.Sos., M.H  - TGH. Mujiburrahman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi mereka untuk memenangkan Pilkada 2020 saat pandemi Covid-19 di daerahnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses pencarian data melalui wawancara, dokumentasi dan materi audio visual-digital. Ada tiga informan penelitian ini yaitu Didi Sumardi (Ketua Tim Sukses Pemenang Pilkada Kota Mataram), Raden Nuna Abriadi (Ketua Tim Sukses Pemenang Pilkada Lombok Utara), dan Ahsan Masad (Koordinator Tim Relawan Pemenang Pilkada Lombok Tengah). Proses analisa data melalui seleksi data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandidat pemenang Pilkada di tiga daerah tersebut memadukan kampanye tatap muka dan kampanye virtual selama masa kampanye Covid-19 meskipun model tatap muka masih lebih dominan. Selain itu, mereka juga berhasil mengadaptasi kondisi pandemi dalam berkampanye. Alat pengendali pandemi seperti masker dan hand sanitizer didesain secara khusus yang memuat gambar-gambar kandidat dan dibagikan kepada masyarakat luas.

Downloads

Published

2024-05-31