PENGARUH JUMLAH FOLLOWERS INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS HALU OLEO KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v8i3.526Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah followers Instagram terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo Kota Kendari. Dengan semakin berkembangnya media sosial, jumlah followers sering dianggap sebagai indikator popularitas yang dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dari 119 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, serta uji t dan uji R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah followers Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 8.061 + 0.748X, dengan nilai R sebesar 0.702 yang menunjukkan hubungan kuat antara variabel jumlah followers Instagram dan kepercayaan diri. Selain itu, nilai R Square sebesar 49.2% mengindikasikan bahwa hampir setengah dari variasi tingkat kepercayaan diri mahasiswa dapat dijelaskan oleh jumlah followers Instagram, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, semakin banyak jumlah followers Instagram yang dimiliki mahasiswa, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan diri mereka dalam berinteraksi di dunia maya maupun dunia nyata.Downloads
Published
2025-10-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 JCommsci - Journal Of Media and Communication Science

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under Creative Commos Attribution - Non Commercial 4.0
International Licensed