Implementasi Augmented Reality sebagai Media Branding untuk Membentuk Citra Destinasi Desa Wisata Tajuk
DOI:
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v8i2.535Abstract
Desa wisata termasuk ke dalam jenis pariwisata alternatif yang saat ini tengah menjadi tren pariwisata. Di Jawa Tengah, terdapat 516 desa wisata yang membuat persaingan bisnis wisata semakin kompetitif. Desa Tajuk adalah salah satu desa wisata yang terletak di Kabupaten Semarang. Desa ini memiliki asset digital berupa media sosial dan website yang terintegrasi dengan Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Augmented Reality dalam membentuk citra dan daya tarik wisata, serta sebagai strategi branding dan promosi Desa Wisata Tajuk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara bersama pengelola Desa Wisata dan calon wisatawan, serta studi literatur. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Augmented Reality dapat berperan sebagai media branding untuk membentuk citra destinasi dan strategi promosi Desa Wisata Tajuk. Implementasi Augmented Reality memperkuat branding Desa Tajuk sebagai destinasi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan terbuka terhadap inovasi dalam menyampaikan informasi serta promosi pariwisata. Inovasi ini menunjukkan bahwa Desa Tajuk tidak hanya mengandalkan sumber daya alam dan budayanya, tetapi juga mengemasnya dalam pendekatan digital yang modern sebagai strategi branding.Downloads
Published
2025-05-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 JCommsci - Journal Of Media and Communication Science

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under Creative Commos Attribution - Non Commercial 4.0
International Licensed