Proses Pengambilan Keputusan dalam Situs Belanja Online “Shopee” sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen

Authors

  • Astri Wulandari Mercu Buana University of Yogyakarta
  • Christine Pingkan Sampouw Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i2.68

Keywords:

Consumer Behavior, Decision making process, E-Commerce, Shopee

Abstract

Saat ini konsumen dihadapkan dengan banyak pilihan cara untuk memenuhi keinginan dankebutuhannya. Situs belanja online seolah-olah menjadi satu cara cepat untuk dapat memenuhihasrat belanja konsumen. Shopee memiliki beragam kategori produk yang ditawarkan kepadakonsumen. Kerjasama antara Shopee dengan endorsement juga tampak sebagai upaya untukmenjaga eksistensi tren di bidang yang semakin luas. Pada penelitian ini juga tampak bahwaterdapat keragaman latar belakang yang menaungi masing-masing kepribadian konsumen untukmenggunakan market place ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metodewawancara mendalam. Subjek penelitian terdiri dari enam informan dengan latar belakang perilakukonsumen yang berbeda-beda. Analisis dilakukan dengan membagi dua jenis data yakni data primerdari wawancara langsung, dan data sekunder dari artikel yang relevan. Proses pengambilankeputusan pembelian para konsumen dalam membeli produk dalam situs belanja Shopee dilakukandengan beragam cara berdasarkan latar belakang dan keinginan dari dalam diri masing-masing. Olehkarena pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen menjadi berbeda-beda seiringberubahnya pola belanja saat ini. Kebutuhan tersier dengan cepat berubah seolah-olah menjadisangat primer mengalahkan kebutuhan primer yang sesungguhnya.Kata kunci: Perilaku Konsumen, Proses pengambilan keputusan, E-Commerce, Shopee

Author Biography

Astri Wulandari, Mercu Buana University of Yogyakarta

Fakultas Ilmu Komunikasi dan MultimediaProgram Studi Ilmu Komunikasi

References

Buku

Ahmadi, Chandra dan Hermawan, Dadang. (2013). E-Business & E-. Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikas Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Moleong, Lexy. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nuryani. (2001). E-commerce, dalam Berita Pajak No. 1438/Tahun XXXIII/1Maret 2001, hlm.30.

Peter, J. Paul dan Olson. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 4 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Purbo, Onno W. (2000). Mengenal E-Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ries, E. (2011). THE LEAN STARTUP. New York: Crown Publishing Group.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Suyanto, M. (2003). E-commerce Perusahaan Top Dunia. Andi. Yogyakarta.

Turban, Efraim, Lee, King, dan Chung. (2002). Electronic Commerce 2002: A Managerial Perspective. Pearson Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Artikel dari website dengan nama penulis

Fahera, Jihan. (2019). Faktor internal & eksternal ini memengaruhi keputusan belanja online. Brilio.

https://www.brilio.net/creator/faktor-internal-eksternal-ini-memengaruhi-keputusan-belanja-online-3656d6.html

Handayani, Maulida Sri. (2016). Biaya Bergaya Kelas Menengah Indonesia. Tirto. https://tirto.id/biaya-bergaya-kelas-menengah-indonesia-bUai

Julistian, Ucha. (2019). Dinilai Lebih Bernuansa Perempuan, Shopee Coba Gaet Pasar Pria. Gatra. https://www.gatra.com/detail/news/437435/technology/dinilai-lebih-bernuansa-perempuan-shopee-coba-gaet-pasar-pria

Khalika, Nindias Nur. (2018). Shopee & Instagram Tempat Belanja Online Favorit Ibu Milenial. Tirto.

https://tirto.id/shopee-instagram-tempat-belanja-online-favorit-ibu-milenial-cY4h

Menkominfo. (2015). Menkominfo: Pemerintah Dorong Pertumbuhan e-Commerce Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6020/Menkoinfo%3A+Pemerintah+Dorong+Pertumbuhan+e-Commerce+Indonesia/0/berita_satker

Molla, A & Heeks R. (2007). Exploring e-commerce benefits for businesses in a developing country, dalam Jurnal Information Society, vol. 23, no. 2, hal. 95-108.

https://researchbank.rmit.edu.au/view/rmit:332

Tarigan, Mitra. (2018). Seberapa Banyak Media Sosial Pengaruhi Anda untuk Belanja?. Tempo. https://gaya.tempo.co/read/1139782/seberapa-banyak-media-sosial-pengaruhi-anda-untuk-belanja/full&view=ok

Widyastuti, Rr. Ariyani Yakti. (2018). KPI Larang 11 Stasiun Televisi Tayangkan Iklan Shopee Blackpink. Tempo.

https://bisnis.tempo.co/read/1154561/kpi-larang-11-stasiun-televisi-tayangkan-iklan-shopee-blackpink

Zhafira, Arnidhya Nur. (2019). Geser One Direction, BLACKPINK jadi grup dengan subscriber terbanyak. Antara News. <https://www.antaranews.com/berita/1052788/geser-one-direction-blackpink-jadi-grup-dengan-subscriber-terbanyak#mobile-src>

Artikel dari website tanpa nama penulis

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles