KOMUNIKASI EKSPRESIF ESTETIK KARYA SENI

Authors

  • Pangeran Paita Yunus Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i2.77

Keywords:

communication, aesthetic expressive, artwork.

Abstract

Seni sebagai ekspresi estetik merupakan hasil ungkapan batin seorang seniman yang tampak pada karya seni lewat medium dan alat yang digunakannya. Seseorang yang memiliki dorongan jiwa atau kondisi tertekan, maka akan berusaha untuk melepaskan perasaan tersebut dengan melakukan sesuatu. Kegiatan semacam ini yang dimaksud dengan ungkapan. Seseorang mengungkapkan sesuatu baik secara verbal maupun non-verbal bermaksud untuk menyampaikan sesuatu pesan kepada orang lain. Dalam konteks ini, ungkapan dapat disebut sebagai kegiatan berkomunikasi. Dalam kegiatan seni, proses komunikasi terjadi antara seniman sebagai penyampai pesan lewatkarya seninya yang tercermin lewat lambang-lambang atau simbol-simbol yang tampak. Artinya, karya seni berupa informasi simbolis sebagai ekspresi estetik seorang seniman akan diterima oleh penghayat dan selanjutnya akan terjadi dialog antara karya seni dengan penghayatnya.Kata Kunci: komunikasi, ekspresif estetik, karya seni

Author Biography

Pangeran Paita Yunus, Universitas Negeri Makassar

Program studi Pendidikan Seni Rupa

References

DAFTAR PUSTAKA

Cassirer, Ernest. (1990). Manusia dan Kebudayaan: Sebuah Esay tentang Manusia, diterjermahkan oleh Alois A. Nugroho. Jakarta: Gramedia.

Eco, Umberto (1979). A Theory of Semiotics. Bloomington: Indiana University Press.

Jaeni. (2012). Komunikasi Estetik dalam Seni Pertunjukan Teater Rakyat Sandiwara Cirebon. Jurnal Seni & Budaya Panggung Vol. 22, No. 2, April - Juni 2012: 160 – 168.

Robbins, James G and Barbara S Jones (1995). Komunikasi yang Efektif: untuk Pemimpin, Pejabat dan Usahawan. Alibahasa R. Turman Sirait. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sahman, Humar. (1993). Mengenal Dunia Seni Rupa: tentang Seni, Karya Seni, Aktivitas Kreatif, Apresiasi, Kritik dan Estetika. Semarang: IKIP Semarang Press.

Salam, Sofyan, dkk. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sumardjo. Jacob. (2000). Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB.

Yunus, Pangeran Paita. (2014). Apresiasi Seni. Makassar: Prince Publihing.

Zaelani, Rizki A. (2007). ‘Demi ma(s)sa: Pameran Seni Rupa Nusantara 2017. Katalog. Jakarta: Galeri Nasional Indonesia.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles