Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi PT Patra Bangun Properti
DOI:
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i3.83Keywords:
management, social media, ROSTIR, instagramAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi PT Patra Bangun Properti” merupakan penelitian deskriptif yang berfokus pada mengetahui tahapan tahapan pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh PT Patra Bangun Properti sebagai media komunikasi dengan menggunakan konsep ROSTIR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PT Patra Bangun Properti mengelola media sosial instagram berdasarkan konsep ROSTIR. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara dengan delapan informan, Observasi, Studi Pustaka, dan Dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyebutkan bahwa 1) Riset dan diagnosis telah dilakukan oleh PT Patra Bangun Properti dengan melakukan riset primer menggunakan observasi dan wawancara, riset sekunder dengan menganalisis data pribadi, serta analisis SWOT pada media sosial instagram, 2) tujuan yang ditetapkan PT Patra Bangun Properti dapat dicapai dan diwaktukan 3) Strategi yang digunakan PT Patra Bangun Properti adalah menetapkan instagram sebagai saluran spesifik yang digunakan dan menggunakan pesan kunci 4) PT Patra Bangun Properti menggunakan taktik Paid Media yaitu dengan iklan yang ada di instagram, Earned Media dengan mengandalkan keterlibatan netizen, serta Owned media walaupun sosial media instagram ini tidak sepenuhnya dikendalikan oleh PT Patra Bangun Properti. 5) Implementasi PT Patra Bangun Properti adalah dengan mengunggah konten konten pada media sosial instagram, PT Patra Bangun Properti mengeluarkan biaya dalam pengelolaan media sosial, serta linimasa instagram yang terdiri dari foto dan video, 6) PT Patra Bangun Properti melakukan laporan dan evaluasi hanya pada akhir pelaksanaan kegiatan.References
Anwar, Suroyo. (2009). Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Baihaki, I. (2012). 54 Persen Brand Ternama Dunia kini Gunakan Instagram sebagai Sarana Marketing. https://www.beritateknologi.com/54-persen-brandternama-dunia-kini-gunakan-instagram-sebagaisarana-marketing/. diakses pada 5 April 2020
Cakranegara, Pandu Adi & Susilowati, Ety (2017). Analisis Strategi Implementasi Media Sosial (Studi Kasus UKM “XYZ”). 5 April 2019. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/FIRMJOURNAL/article/viewFile/337/193
Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/22899/20924
Cornwell, T.B. & Maignan, I. (1998). An International Review of Sponsorship Research. Journal of Advertising. Vol. 21, pp. 1-21
Crawford, John. (2000). Evaluation of Libraries and Information Services (2nd Ed.). London: Aslib, the association for information management and information management international
Dietrich, G. (2018). PR pros must embrace the PESO model. https://spinsucks.com/communication/pr-pros-must-embrace-the-peso model/. Diakses 5 April, 2020
Doran, George T. (1981). There's S.M.A.R.T Way to Write Management's Goals and Objectives. AMA Forum
Dwyer, Judith; Hopwood, Nicole (2010). Management Strategies and Skills. McGraw-Hill
Fahmi, Irham. (2013). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta
Ferrel, O.C & D, Harline. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation
Frey, Bruno S. & Osterloh, Margit (2002). Successful Management by Motivation: Balancing Intrinsic and Extrinsic Incentives. Springer
Ikhsan, Nur-El (2020, 15 Maret). Wawancara Pribadi
Jefkins, Frank. (1996). Periklanan, Edisi 3. Jakarta: Erlangga
Judith, Christiany. (2017). Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Pekommas, Vol. 2 No.1. 99-114
Keraf, Gorys. (1993). Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah
Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Lawler, John & Bilson, Andy (2013). Social Work Management and Leadership : Managing Complexity with Creativity. Routledge
Luttrell, Regina. (2018). Social Media; How to Engage, Share, and Connect. Rowman & Littlefield
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: Remaja Rosda Karya
Munandar, Irwan & Tambunan, Anton Soejarwo. (2018). Penggunaan Media Sosial sebagai Strategi Kehumasan di Kementrian ESDM Melalui Metode SOSTAC. Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah. 18.32 02
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis
Pakuningjati, Anindita Lintang. (2015). Pengelolaan Media Sosial dalam Mewujudkan Good Governance. Skripsi: Universitas Gadjah Mada
Poister, Theodore H. (2008). Measuring Performance in Public and Nonprofit Organizations. John Wiley & Sons
Parera, Jos Daniel (1987). Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga
Shimp, Terence A. (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5. Jakarta: Erlangga
Smith, Ronald D. (2013). Strategic Planning for Public Relations. New York. Routledge
Soegito, Atmohoetomo (2010) Menjadi Sutradara Televisi: Dengan Single dan Multi Camera. Jakarta: Grasindo
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Umar, Husein. (2002). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Yemm, Graham (2013). Essential Guide to Leading Your Team: How to Set Goals, Measure Performance and Reward Talent: Pearson Education
Zuhri, M. Abdul Malik & Christiani, Lidya (2019). 5 April, 2020. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Based
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commos Attribution - Non Commercial 4.0
International Licensed