ETIKA KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA CITRA PERUSAHAAN

Authors

  • Brahmastra Nandiwardhana Magister Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i3.90

Keywords:

Citra, etika, komunikasi, public relations.

Abstract

Etika Public Relation sebagai penerapan pengetahuan, pemahaman dan penalaran tentang perilaku “benar atau salah” dan “baik atau buruk” dalam praktik profesional Public Relation. Etika Profesional Public Relation juga dibuat agar dapat menjalankan perannya untuk perusahaan yang diwakilinya. Sebagai perusahaan yang mengandalkan pada kepercayaan publik, citra positif menjadi sebuah keharusan tersendiri bagi maskapai Lion Air. Maskapai Lion Air merupakan maskapai komersial yang banyak digunakan masyarakat karena harganya yang terjangkau dan memiliki banyak rute perjalanan antar pulau di Indonesia. Perusahaan yang berkaitan dengan jasa pelayanan transportasi ini tentu di dalam lapangan menerima banyak permasalahan yang bermacam-macam yang berhubungan dengan konsumen. maka dari itu, dibutuhkan seorang public relations yang dapat mengelola permasalahan yang ada di lapangan atau media sosial guna menjaga citra baik perusahaan. Fokus penelitian ini adalah menganalisis etika komunikasi Public Relations maskapai Lion Air dalam mengatasi dan menyelesaikan kasus guna menjaga citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan Analisis Isi. Hasil penelitian ini yaitu Etika Public Relations menjadi pedoman para profesional Public Relations dalam bertindak, bahan pertimbangan, dan membuat keputusan. Public Relations yang melaksanakan praktik menyampaikan informasi kepada publik melalui media sebagai perwakilan perusahaan, tentunya setiap kata-kata, ekspresi, dan sikap harus dilakukan dan dipertimbangkan dengan hati-hati.

References

Bowen, S. A. J. J. o. P. R. R. (2005). A practical model for ethical decision making in issues management and public relations. 17(3), 191-216. doi: 10.1207/s1532754xjprr1703_1

Fearn-Banks, K. (2016). Crisis communications: A casebook approach: Routledge.

Lieber, P. S. J. J. o. M. M. E. (2005). Ethical considerations of public relations practitioners: An empirical analysis of the TARES test. 20(4), 288-304.

Parsons, P. J. (2016). Ethics in public relations: A guide to best practice: Kogan Page Publishers.

PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia). Kode Etik Perhumas. (2020, April 8). Diakses dari https://www.perhumas.or.id/kode-etik-perhumas/

Arnani, M. (2019, Mei 3). Kompas.com. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2019/05/03/10125431/viral-pilot-pukul-pegawai-hotel-di-surabaya-lion-air-beri-sanksi

Creswell, J. W. (1994). Research Design: qualitative, quantitative, and mixed method approaches. SAGE Publications, 4.

Kami, I. M., & Dinillah, M. (2019, April 29). News.detik.com. Retrieved from News.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-4529827/penumpang-vs-lion-air-soal-balita-bawa-bagasi

Ramdhani, D. (2019, april 29). Kompas.com. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2019/04/29/15395371/6-penumpang-ditinggal-pesawat-karena-diduga-kelebihan-bagasi-ini-penjelasan

Ruslan, R. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tanjung, C. A. (2019, Februari 15). Detiknews.com. Retrieved from Detiknews.com: https://news.detik.com/berita/d-4430295/kalajengking-mirip-laba-laba-di-pesawat-lion-air-dari-mana-asalnya

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles