Pengelolaan Aktivitas Media Sosial Instagram @Ditjen.Dikti oleh Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Dalam Sosialisasi Kebijakan Kampus Merdeka

Authors

  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Farhan Suherman
  • Ade Kadarisman

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v5i2.171

Abstract

Humas Ditjen Diktiristek menggunakan Instagram sebagai media yang diperioritaskan dibandingkan dengan media sosial lainnya, namun pemahaman sasaran utama dari media ini justru rendah. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah menggambarkan bagaimana pengelolaan media sosial @ditjen.dikti oleh Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi dalam Sosialisasi Kebijakan Kampus Merdeka yang meliputi proses share, optimize, manage, dan engage (The Circular Model of SoMe). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan Humas Ditjen Diktiristek dalam proses share menyadari Instagram dapat membangun komunikasi dua arah. Namun, Humas Ditjen Diktiristek belum optimal dalam penggunaan riset untuk aktivasi Instagram dan membangun kepercayaan publik. Pada proses optimize pemantauan perbincangan belum optimal karena menggunakan pihak ketiga yang juga Humas Ditjen Diktiristek belum mengetahui tools yang digunakan oleh pihak ketiga, pengecekan manual, dan penggunaan hastag yang belum sesuai dengan yang digunakan audiensnya. Peneliti menyarankan pada tahap share dilakukan riset secara komperhensif, mengunakan social media tools yaitu sprout sosial dengan fitur smart inbox agar dapat mengetahui apa yang sedang di perbincangkan oleh publik, dan serta mengecek mention menggunakan social media tools, yaitu Melthwater, Sysomos, Radian6, Linkfluence, Spiral116, Klout, dan Collective Intellect.

Downloads

Published

2022-06-21