Serial Wednesday (2022) Sebagai Representasi Media Komunikasi Promosi Pariwisata Rumania Melalui Netflix

Authors

  • Doddy Prakoso Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Adiasri Universitas Pembangunan "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommsci.v8i1.523

Abstract

Era globalisasi membuat komunikasi pariwisata dapat direpresentasikan dalam berbagai media komunikasi, salah satunya melalui Netflix pada serial Rabu (2022). Wednesday merupakan serial Netflix dengan genre misteri horor-komedi yang menggunakan sejumlah kota di Rumania sebagai lokasi syuting. Penggunaan Rumania sebagai lokasi syuting serial Wednesday menghasilkan respon positif masyarakat dan mempengaruhi industri pariwisata Rumania setelah serial tersebut ditayangkan secara global melalui Netflix. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data yang diperoleh melalui seluruh data perkembangan industri pariwisata Rumania pasca serial Wednesday tayang, berbagai komentar publik terkait penggunaan Rumania sebagai lokasi syuting serial Wednesday, dan data terkait dampak yang saling ditimbulkan dari Netflix dan industri pariwisata Rumania yang membuat dua pihak tersebut saling terhubung dan terikat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelibatan aspek promosi pariwisata Rumania melalui serial Wednesday menggunakan Teori Ekologi Media oleh Marshall McLuhan, meliputi: (1) media mempengaruhi perilaku manusia; (2) media mempengaruhi asumsi manusia; dan (3) media menjadikan dua aspek menjadi saling terikat dan terhubung. Hasil dari penelitian ini yaitu serial Wednesday secara tidak langsung menjadi media promosi pariwisata Rumania dengan menggunakan beberapa kota di Rumania, meliputi: (1) Bucharest; (2) Prahova; dan (3) Busteni yang berdampak positif bagi peningkatan industri pariwisata Rumania. Kata Kunci : Komunikasi; Media; Rumania; Pariwisata

Downloads

Published

2025-01-31